Apa Itu Kinect Xbox?

Kinect for Xbox 360 atau biasanya Kinect yang dulunya dikenal sebagai Project Natal, adalah controller-free gamingĀ dan pengalaman hiburan yang diluncurkan oleh Microsoft dan Xbox 360 video game platform, dan dapat digunakan untuk Microsoft Windows 8. Kinect diluncurkan di Amerika Utara pada tanggal 4 November 2010, di Eropa pada tanggal 10 November 2010, di Australia, New Zealand dan Singapura pada tanggal 18 November 2010 dan di Jepang pada tanggal 22 November 2010.

download2

Kinect merupakan input device dari perangkat game controller ini. Merupakan perangkat input yang mendeteksi sensor gerakan dengan menggunakan kamera yang mirip webcam dan memungkinkan Kinect menangkap gerakan pengguna, sehingga pengguna cukup melakukan gerakan tanpa perlu menyentuh controller dengan sistem 3D scanner yang dinamakan Light Coding. Kinect didasarkan dari teknologi perangkat lunak yang dikembangkan secara internal oleh Rare, anak perusahaan dari Microsoft Game Studios milik Microsoft, dan teknologi kamera oleh pengembang Israel, PrimeSense.

download3
Sensor Kinect adalah batang horizontal yang terhubung dengan alas kecil yang memiliki poros yang dapat berputar. Sensor Kinect dirancang untuk diletakkan diatas maupun di bawah TV. Perangkat ini memiliki kamera RGB, sensor kedalaman dan mikrofon yang berjalan di perangkat software khusus, yang menyediakan kemampuan untuk menangkap gerak secara 3D, mengenali wajah dan mengenali suara. Saat diluncurkan, fitur pengenal suara hanya tersedia di Jepang, Amerika Serika Kanada, dan Inggris. Sekarang fitur ini tersedia di Australia, kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Jepang Meksiko, New Zealand Amerika Serikat dan Inggris. Sistem multi-mikrofon pada Sensor Kinect memungkinkan Xbox 360 untuk mengurangi suara bising, sehingga kegiatan seperti ngobrol secara hands-free dapat dilakukan lewat Xbox Live.

download1

Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared dikombinasikan dengan sensor CMOS monokromatik, yang merekam data video 3D dalam kondisi pencahayaan apapun. Area pengenalan sensor kedalaman dapat diatur, dan perangkat lunak Kinect secara otomatis mampu mengkalibrasikan sensor berdasarkan permainan dan kondisi lingkungan pemain, mengenali keberadaan furnitur maupun halangan lain. Kinect secara simultan mampu mengenali hingga enam orang, termasuk dua pemain aktif untuk dianalisis gerakannya pada 20 titik sendi tiap orang. Namun, PrimeSense menyatakan bahwa jumlah orang yang dapat dilihat (tidak diproses sebagai pemain) hanya dibatasi oleh berapa banyak yang dapat masuk ke dalam jangkauan kamera.
Jadi dapat pula disimpulkan hardware yang bekerja bersama Kinect untuk melakukan sensor adalah color VGA camera yang mendeteksi warna RGB, depth sensor yang merupakan sensor monokromatik CMOS, dan multi-array microphones yang mengisolasi suara selain suara pemain atau noise.

This entry was posted on Saturday, April 18th, 2015 at 9:36 am and is filed under Task. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply